cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalfikom@yahoo.co.id
Editorial Address
Jalan Raya Kaligawe Km.4 Semarang 50112
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna
ISSN : 20872461     EISSN : 23374616     DOI : 10.30659/jikm
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna (E-ISSN: 2337-4616, P-ISSN 2087-2461) is a Scientific Journal published by the Department of Communication Science, Faculty of Language and Communication Science, Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna is intended to the national and international scholarly community. The aim of this journal is to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of communication. Articles published are the results of research, bringing the new sights (scope) on Cultural Studies, Public Relations, and Media.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2015)" : 9 Documents clear
TELEPON SELULAR dan RUANG PUBLIK: REPRESENTASI IDENTITAS Siswantini Siswantini
Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna Vol 6, No 1 (2015)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FBIK Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jikm.6.1.88-94

Abstract

Telepon genggam atau lebih dikenal dengan hand-phone dewasa ini sudah menjadi kebutuhan primer dari pemiliknya. Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar juga meru- pakan Negara dengan jumlah pengguna telepon terbesar. Telepon genggam sebagai alat komu- nikasi telah menjadikan orang dapat melakukan komunikasi tanpa mengenal ruang dan waktu. Artikel ditujukan untuk memberikan gambaran tentang representasi identitas para pengguna- nya di ruang public. Kajian dilakukan dengan melakukan penelitian singkat terhadap penggu- naan telepon genggam di kendaraan umumKata kunci: telepon genggam, representasi identitas, ruang publik
ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI STRATEGI BRAND ACTIVATION POND’S UNTUK MERAIH TOP BRAND AWARD 2013 Rustono Farady Marta; Pricillia Pricillia; Maria Fransisca Kosasih; Maria Christina Evelyn Iskandar
Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna Vol 6, No 1 (2015)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FBIK Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jikm.6.1.22-30

Abstract

TOP Brand Award merupakan penghargaan tahunan yang prestisius untuk merek-merek terbaik. Pada tanggal 04 Maret 2013 merek POND’S diumumkan sebagai pemenang TOP Brand Award dalam kategori Sabun Pembersih Wajah, Pelembab Wajah, Krim Pemutih, Pembersih Wajah, Anti Aging. Berbagai aktivitas yang dilakukan mereka sesuaikan dengan kategori konsumen berdasarkan jenis produknya, seperti “POND’S Make It Happen”, “POND’S Teens Concert”, dan “POND’S Miracle Moment”. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kegiatan brand activation yang dilakukan POND’S agar mampu menjangkau konsumen dan brand activation tersebut dikaitkan dengan keberhasilannya meraih TOP Brand Award 2013. Brand activation merupakan suatu kegiatan komunikasi yang terintergrasi sebagai solusi yang efektif untuk menggerakkan khalayak konsumen. Penelitian kualitatif ini menggunakan studi literature sebagai teknik pengumpulan data. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa kegiatan aktivasi merek POND’S telah berhasil bila ditinjau berdasarkan parameter media value event. Selain itu, hal menarik lainnya terdapat kaitan antara brand activation dengan TOP Brand, karena kriteria pemenang TOP Brand adalah mind share, market share, dan commitment share.Kata kunci : Brand activation, Top Brand 2013, kegiatan POND’S
KEPEMILIKAN DAN BINGKAI MEDIA (ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN JOKO WIDODO SEBAGAI KANDIDAT CALON PRESIDEN PADA KORAN SINDO) Nani Kurniasari; Gilang Gusti Aji
Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna Vol 6, No 1 (2015)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FBIK Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jikm.6.1.96-116

Abstract

Aktivitas beberapa media dalam pemilihan presiden tahun 2014 menjadi cermin meningkatnya peran media dalam proses suksesi pemilihan. Masalahnya, ada isu independensi yang mengemuka karena pemberitaan yang tidak berimbang saat masa pemilihan. Beberapa penelitian terdahulu menghubungkan pola pemberitaan seperti itu dengan isu kepemilikan media. Pemilik media dianggap memiliki kepentingan pribadi atas konten yang dimunculkan. Reese dan Shoemaker (1996) meyakini konten media dipengaruhi berbagai faktor, salah satunya kepemilikan media. Penelitian ini didekati secara kualitatif menggunakan analisis framing dari Gamson-Mondigliani. Mengambil objek penelitian Koran Sindo yang berada dalam grup MNC milik Hari Tanoesoedibjo, penelitian ini menunjukkan bahwa ada upaya pembingkaian berita tentang sosok Joko Widodo secara negatif. Pembingkaian yang dilakukan Koran Sindo mengisyaratkan agenda tersembunyi di balik teks berita yang disampaikan media. Seakan mendukung riset terdahulu, penelitian ini membuktikan bahwa isi media bukanlah sebuah cermin dari realitas yang sebenarnya, tetapi dibentuk oleh berbagai faktor yang menghasilkan berbagai versi yang berbeda dari realitas. Ada faktor kepemilikan yang memberikan pengaruh pada agenda penyusunan teks media.Kata kunci: framing, kepemilikan media, media massa, pemberitaan, pemilihan presiden.
ANALISIS ISI VISUAL IKLAN DAN STRATEGI KREATIF KATEGORI PRINT AD PEMENANG GOLD, SILVER, DAN BRONZE CITRA PARIWARA 2015 Dina Nur Handayani; Ratih Hasanah Sudrajat; Ayub Ilfandy Imran
Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna Vol 6, No 1 (2015)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FBIK Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jikm.6.1.31-45

Abstract

Persaingan dalam memasarkan produk saat ini tidak hanya dinilai dari diferensiasi produk ataupun strategi harga akan tetapi meliputi aspek untuk mempromosikan produknya. Salah satu sarana untuk mempromosikan suatu produk yaitu, iklan. Perkembangan dalam membuat iklan pun beragam terdiri dari organisasi, mahasiswa jurusan periklanan ataupun praktisi pemasaran. Hal ini membuat Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI/P3I) mengadakan acara penghargaan dalam industri periklanan Indonesia yaitu Citra Pariwara. Citra Pariwara sendiri diadakan tiap tahun untuk mendapatkan penghargaan piala, gold, silver, dan bronze. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui isi pesan visual, teknik visual, dan strategi kreatif yang dibuat oleh pemenang kategori print ad gold, silver, dan bronze Citra Pariwara 2015. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dengan teknik analisis isi. Objek yang dianalisis ada 19 karya iklan cetak. Dari hasil penelitian yang dibagi kedalam 6 unit analisis dari tiap kategori menunjukan bahwa isi pesan visual yang paling dominan adalah pesan tersampaikan dengan kias/ teknik metafora/ (lateral) dengan presentase sebesar 58%. Teknik visual yang dipakai berdasarkan headline adalah jenis headline yang menggunakan gambar dan keterangan dengan presentase sebesar 32%, dan tata letak/layout menggunakan frame layout dengan presentase sebesar 58%. Lalu, dari kategori penggunaan strategi kreatif dengan pendekatan strategi kreatif memakai USP (Unique Selling Proposition) dengan presentase sebesar 53%, pendekatan daya tarik pesan yang digunakan adalah daya tarik pesan kombinasi dengan presentase sebesar 37%, sedangkan penggunaan format dan gaya eksekusi pesan menggunakan dramatisasi dengan presentase sebesar 58%.Kata kunci: Analisis isi Kuantitatif deskriptif, Visual Iklan, Strategi Kreatif
REFLEKSI CITRA INDONESIA SEBAGAI DAMPAK POLITIK MIGRASI TKI KE MALAYSIA Mutia Rahmi Pratiwi; Amida Yusriana
Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna Vol 6, No 1 (2015)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FBIK Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jikm.6.1.46-59

Abstract

Indonesia dan Malaysia, dua negara yang memiliki hubungan unik yang terlihat dari letaknya yang berdekatan, hubungan kerjasama yang dilakukan bahkan hingga polemik dari sisi kebudayaan hingga ketenagakerjaan yang menimbulkan sensitifitas bagi kedua negara ini. Dari tahun 2009 hingga saat ini masih banyak kasus pelecehan hingga pembunuhan sadis para TKI (tenaga kerja Indonesia) yang bekerja di Malaysia. Hal ini merupakan salah satu dampak dari politik Migrasi TKI Ke Malaysia. Migrasi sendiri merupakan penyaluran tenaga kerja di daerah ke sektor industri modern di kota yang daya serapnya tinggi. Konsep migrasi internal ini juga berlaku secara eksternal yaitu pengiriman tenaga kerja ke luar negeri. Berdasarkan data yang diperoleh, Malaysia merupakan negara penerima TKI sektor informal terbesar dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Pencitraan merupakan gambaran yang mewakili suatu negara dalam bentuk visualisasi, termasuk iklan. Terdapat dua iklan yang berisi tentang TKI dan jelas “menginjak” harga diri bangsa Indonesia di tahun 2012 dan 2015. Iklan pada tahun 2012 berisi tentang diskon besar- besaran bagi mereka yang mau mempekerjakan TKI dan iklan pada tahun 2015 berisi permintaan bagi para majikan untuk memecat TKI dirumah mereka. Dari dua iklan yang muncul ini, maka penulis akan melakukan kajian teoritis yang menelaah mengenai refleksi citra Indonesia sebagai dampak dari politik migrasi TKI ke Malaysia. Kata Kunci: Refleksi Citra, Politik Migrasi, Indonesia, Malaysia, TKI
KARAKTERISTIK PRESS RELEASE PRAKTISI PUBLIC RELATIONS HOTEL DI YOGYAKARTA Margaretha Sonya; Nobertus Ribut Santoso
Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna Vol 6, No 1 (2015)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FBIK Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jikm.6.1.60-70

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik press release praktisi public relations hotel di Yogyakarta. Seiring perkembangan IPTEK, industri perhotelan dituntut untuk terus berlomba agar dapat selalu memberikan citra yang positif di mata publiknya melalui aktivitas publisitas. Salah satu aktivitas publisitas yang dimiliki praktisi public relations adalah press release. Maka, baik antara hotel bintang empat dan lima tentu memperlihatkan adanya perbedaan dan persamaan yang dapat menimbulkan adanya karakteristik press release. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analisis isi kuantitatif dengan menganalisis 28 press release yang telah dituliskan oleh praktisi hotel bintang empat (Hotel Grand Quality dan Hotel Sahid Rich) dan lima (Hotel Melia Purosani dan Hotel Eastparc) selama periode November 2015 sampai April 2016 yang dianalisis menggunakan distribusi frekuensi dan tabulasi silang dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan adanya karakteristik dengan menghasilkan perbedaan dan persamaan pada press release antara hotel bintang empat dan lima.Kata kunci: Karakteristik, press release, public relations, hotel
PENGARUH PERUBAHAN NAMA TERHADAP CITRA PADA TELKOM UNIVERSITY Felesia Ekafaya Kirianawati; Roro Retno Wulan; Kharisma Nasionalita
Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna Vol 6, No 1 (2015)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FBIK Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jikm.6.1.1-12

Abstract

Telkom University adalah salah satu peruguruan tinggi swasta di Bandung, disahkan pada tanggal 14 Agustus 2013. Telkom University merupakan transformasi dari STT Telkom yang telah berdiri pada tahun 1990. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti, menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat menganggap Telkom University masih sama sebagai STT Telkom. Padahal Telkom University dengan STT Telkom memiliki identitas yang berbeda. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap citra Telkom University. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana pengaruh perubahan nama STT Telkom menjadi Telkom University terhadap citra Telkom University. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori public relation sebagai grand theory, teori rebranding sebagai middle theory, kemudian teori renaming dan teori corporate image sebagai applied theory. Penelitian ini menggunakan metode assosiatif kausal yaitu untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Dilakukan survey kepada 200 masyarakat Kota Bandung yang terpilih menggunakan teknik multistage cluster sampling. Untuk mengetahui hubungan kedua variabel tersebut, menggunakan teknik deskriptif, korelasi pearson product moment dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan dan pengaruh yang positif dan signifikan antara perubahan nama Telkom University terhadap citra Telkom University pada masyarakat Kota Bandung. Kata kunci: renaming, brand name, corporate image
ISU LGBT DALAM BINGKAI MEDIA ONLINE (Analisis Framing Robert Entman Pada Pemberitaan Kasus SGRC-UI Terkait ISU LGBT di Indonesia Pada Republika.co.id dan okezone.com) Muhammad Ghifari Putra; Kharisma Nasionalita
Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna Vol 6, No 1 (2015)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FBIK Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jikm.6.1.71-87

Abstract

Framing adalah cara media mengemas suatu informasi atas suatu peristiwa yang terjadi. dengan menggunakan penyeleksian informasi, penonjolan, aspek, penyeleksian isu, pemilihan kata maupun peniadaan informasi yang seharusnya di tampilkan. Isu seputar LGBT di Indonesia kembali menjadi perbincangan dan perhatian masyarakat. Hal ini diakibatkan oleh pemberitaan media tentang kelompok SGRC UI yang memberikan layanan konseling kepada kelompok LGBT pada tanggal 21 Januari 2016 sampai dengan 27 Januari 2016. Dalam pemberitaannya terdapat perbedaan pembingkaian (framing) pemberitaan yang  dilakukan  oleh  ke  dua  media tersebut, republika.co.id memberitakan dengan judul “Konseling Homo dan Lesbian Mahasiswa UI Hebohkan Media Sosial” sedangkan okezone.com memberitakan dengan judul “UI tak Akui Kelompok SGRC Pendukung LGBT”. Tujuan dari framing atau pembingkaian berita adalah untuk menciptakan citra, kesan ataupun makna tertentu terhadap suatu peristiwa sesuai dengan apa yang diinginkan media. Penelitian ini membahas tentang bagaimana media online Republika.co.id dan Okezone.com melakukan seleksi isu dan penonjolan aspek pada pemberitaan kasus SGRC-UI yang terkait isu LGBT di Indonesia. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis framing. Analisis framing merupakan analisis teks media yang bersifat deskriptif dan dipakai untuk melihat bagaimana peristiwa dipahami dan dibingkai oleh media. Model analisis framing yang digunakan adalah model analisis framing Robert Entman. Model ini digunakan untuk menggambarkan proses seleksi dan penonjolan aspek tertentu dari realitas yang dibuat media. Hasil dari penelitian ini adalah Seleksi isu oleh republika.co.id lebih mengarah kepada permasalahan adanya kelompok pendukung dan komunitas kaum LGBT di kampus dengan penonjolan aspek yang menampilkan informasi-informasi yang menunjukan bahwa SGRC-  UI mendukung kaum LGBT dan berusaha melakukan penerimaan di masyarakat. Sedangkan Seleksi Isu oleh okezone.com lebih kepada permasalahan resmi atau tidaknya SGRC-UI dalam menyelenggarakan aktivitasnya dengan penonjolan aspek lebih kepada pemilihan narasumber yang menekankan permasalahan ada pada SGRC-UI yang tidak memiliki izin dari pihak universitas.Kata Kunci : Analisis framing, media online, Isu LGBT
KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA ETNIS INDIA, ETNIS CHINA SERTA PRIBUMI DI KAMPUNG LUBUK PAKAM Meilani Dhamayanti
Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna Vol 6, No 1 (2015)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FBIK Unissula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jikm.6.1.13-21

Abstract

Keberagaman di Indonesia sudah terlihat sejak dulu. Adanya dominasi etnis tertentu  di sebuah kampung menunjukkan Indonesia sangat beragam. Komunikasi dan interaksi yang terjadi antara beberapa bangsa yang beragam akan tercipta komunikasi lintas budaya yang menghasilkan asimilasi, akulturasi dan difusi bila tercipta keterbukaan, toleransi. Di Kampung Lubuk Pakam, Medan 3 (tiga) etnis bertemu, yaitu India, China dan Pribumi. Riset ini menggunakan teori-teori komunikasi lintas budaya dengan menggunakan metodelogi kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui wawancara mendalam kepada 3 (tiga) orang narasumber. Kesimpulan dari penelitian ini adalah komunikasi memegang peranan penting dalam terciptanya asimilasi, dan akulturasi. Keterbukaan dan saling menghargai akan mempermudah tercapainya keharmonisan dalam hidup berdampingan. Keywords: komunikasi, komunikasi lintas budaya,asimilasi dan akulturasi

Page 1 of 1 | Total Record : 9